Senin, 21 Oktober 2013

Cara Membuat Kabel UTP RJ45 ( Straight & Cross )



Berawal dari pengalaman pertama gue interview.. Saat itu (hari yang melelahkan),, gue di tes untuk membuat kabel UTP RJ45. Syukurnya jadi juga tuh kabel,huhehe. Gue disini akan menjelaskan bagaimana cara membuat kabel UTP RJ45, alat alatnya apa aja,, beserta cara menghafal urutan warna(Strike and Cross) dengan cepat ala gue.. huhehe

Ada beberapa alat yang gue pake untuk membuat kabel UTP RJ45, cikidot:

Tank Crimping
Yang belum pernah lihat seperti apa bentuk Tank Crimping, ini gue kasi gambarnya :
Pertama kali gue liat,, gue kira tank biasa,, hampir mau gue pake buat cabut paku yang nongol,,huhehe.. setelah dilihat lebih dalam lagi,, semakin dalam,, semakin rileks,, malah tidur gue (adeh kobo).. Ok.. balik lagi ke Tank Crimping. Tank Crimping ini gue pake buatmemotong kabel UTP dan untuk menjepit ujung konektor (jangan menjepit yang laen,,,BAHAYA).
PERHATIAN : tanpa alat ini jangan harap bisa membuat kabel UTP RJ45,, nanti keciwa,, mau contoh?? (gue contohnya, huhuhu)..

Kabel UTP
Yang belum pernah lihat seperti apa bentuk Kabel UTP, ini gue kasi gambarnya :
Sama aja tuh kya kabel biasa.. beda nya apa?? Itu pertanyaan yang pertama kali ada di otak gue (bisa mikir juga gue,,huhehe) pas gue ngelihatnya.. Beda nya kabel UTP sama kabel biasa, yang pertama, fungsinya. Kabel UTP di gunakan untuk saling menyalurkan jaringan internet. Dan yang ke 2, perbedaannya terletak di dalemnya, hha?? (so mikir),, di dalemnya lebih berwarna,, and lebih cettarr membahana badai (ala syahrini).. Di dalam kabel UTP ada 8 helai kabel kecil yang berwarna warni. Berikut gue tunjukin warna kabel kecil yang ada di dalam kabel UTP :



1. Putih Hijau   2. Hijau       3. Putih Orange      4. Biru
5. Putih Biru     6. Orange    7. Putih Coklat        8. Coklat
Bingung menghapalnya?? Ok,, gue kasih contoh cara menghapalnya :

Ciri ciri Perempuan yang bernama Cross :
Memakai baju putih hijau,, Celana hijau,,
Dengan gesper putih orange,, Dan sepatu biru,,
Dengan kaos kaki Putih biru,, Bermata Orange,,
Dengan Kulit Putih ke coklat an,, Serta Berambut coklat..



1. Putih Orange    2. Orange     3. Putih Hijau      4. Biru
5. Putih Biru         6. Hijau       7. Putih Coklat     8. Coklat
Bingung menghapalnya?? Ok,, gue kasih contoh cara menghapalnya :
Ciri ciri Laki laki yang bernama Strike :
Memakai baju putih orange,, Celana orange,,
Dengan gesper putih hijau,, Dan sepatu biru,,
Dengan kaos kaki Putih biru,, Bermata hijau,,
Dengan Kulit Putih ke coklat an,, Serta Berambut coklat..




Itu tadi,, cara gue ngapalin urutan warna cross and strike (ampe sekarang masih apal tuh)..

Konektor RJ-45
Yang belum pernah lihat seperti apa bentuk Konektor RJ-45, ini gue kasi gambarnya :
Apa lagi ini Konektor RJ-45?? (??). Konektor RJ-45 gue pasang di ujung kabel UTP,, tujuan gue pasang di ujung kabel UTP karena kalo gue pasang di ujung jari gue,, bentuk jari gue jadi lucu,,huehe => canda deng. Gue pasang pada ujung kabel UTP tujuanya biar kabel dapat gue colok di port LAN (Lobang LAN).





Cable Tester
Yang belum pernah lihat seperti apa bentuk Cable Tester, ini gue kasi gambarnya :
Bahasa gampangnya,, ini alat adalah tester(penguji). Alat ini gue pake buat menguji kabel UTP RJ45 yang gue bikin. Apakah kabel yang gue buat bener ?? apakah kabel yang gue buat Cross Strike atau Strike Strike?? ini alat bisa tau.. wah hebat ya.. kira kira siapa yang buat ya?? (ehmm,, tanya mbah google ja,,huhehe).. pertanyaan selanjutnya,, gimana gue tau itu kabel yang gue buat salah atau bener?? Cross Strike atau Strike Strike?? dariCable Tester..
Ok,, jika kabel UTP RJ45 yang gue buat salah, lampu di Cable Tester ga akan menyala. Sebaliknya jika kabel UTP RJ45 yang gue buat benar maka lampu di Cable Tester akan menyala dengan otomatis. Sedangkan jika nyala lampu di Cable Tester yang gue buat berjalan bersamaan (kya sepasang kekasih,,a hai de) maka kabel UTP RJ45 yang gue buat jenisnya Strike Strike (modem ke PC). Sebaliknya,jika nyala lampu di Cable Tester yang gue buat jalannya bergantian maka kabel UTP RJ45 yang gue buat jenisnya Strike Cross (PC ke PC)..

Sekarang gue akan menerangkan ke kalian gimana cara bikin kabel UTP RJ45,, cikidot :
  1. Kupas kulit kabel UTP bagian ujung, jangan sampe bagian dalem ikut kepotong.(kira-kira 2 cm). Gue biasanya pake Tank Crimping buat buka kabelnya,, tapi kalian juga bisa pake piso or gunting. (pake golok juga bole,, paling ribet sendiri,,huhehe).
  2. Setelah kulitnya di kupas (berasa apa gitu,,huhehe), luruskan dan urutankan kabel (yang berwarna warni ) sesuai yang kalian ingin buat (Cross atau Strike). Klo bagian ini,, gue cumen cukup pake tangan berharga gue donk.
  3. Setelah diurutkan, potong dan ratakan ujung kabel. Gue pake Tank Crimping buat motong and ngeratainnya. PERHATIAN: dilarang keras, meratakannya dengan ulekkan..
  4. Masukan kabel  yang sudah lurus dan sejajar tersebut ke dalam konektor RJ45, dan pastikan semua kabel posisinya sudah benar. Soal masuk memasukan gue ahlinya huhehe..
  5. Lakukan crimping menggunakan Tank Crimping, tekan Tank Crimping dan pastikan semua pin (kuningan) pada  konektor RJ45 sudah “menggigit” tiap-tiap kabel. Di bagian ini harus bener, biar nempel terus antara kabel UTP and konektor RJ-45 (perangko kali ah,,huhehe)..
  6. Setelah selesai pada ujung yang satu, lakukan lagi pada ujung yang lain seperti yang di atas (biar ga pada iri sob,,huhehe)
  7. Langkah terakhir,, pengecekan kabel yang sudah kita buat tadi dengan menggunakan Cable Tester. Caranya,, kalian cumen cukup memasukan masing masing ujung kabel (konektor RJ45 yang sudah terpasang di kabel UTP) ke masing masing port yang tersedia pada Cable Tester. Tinggal di nyalain dan pastikan semua lampu LED menyala sesuai dengan urutan kabel yang kalian buat.

gue kasih contoh antara kabel UTP RJ45 yang bener cara pemasangannya dan kabel UTP RJ45 yang salah cara pemasangannya..


Sekian tutorial cara membuat kabel UTP RJ45 dari gue,, kalo ada yang salah dari tulisan yang gue buat,, silakan komen di bawah.. semoga bermanfaat,, Terimakasih..

ini dia video trutorial cara memasang kabel lan rj 45

                                                    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar